Sambutan Ketua Program Studi ITP

  jordan 5 metallic silver (http://www.updatedautobody.com) adidas yeezy 750 boost (http://www.muskogeehousing.org) jordan 11 low georgetown (http://www.thedamonco.com) low bred 11s (http://www.patrickentcorp.com) jordan 11 low georgetown (http://www.salon56.com) low bred 11s (http://www.pekarekcrandell.com) low hornets 13s (http://www.southwestveteranschamber.com/advertising/) low bred 11s (http://www.sammysullivancharities.org) low hornets 13s (http://www.digitaldinos.com) adidas yeezy 750 boost (http://www.ompfoods.com) low georgetown 11s (http://www.peiowa.org/news/news-events) jordan 5 metallic silver (http://www.mindxpansion.com) jordan 11 low bred (http://www.deafblindresources.org) low georgetown 11s (http://www.thedamonco.com) jordan 11 low georgetown (http://www.dougbradleytrucking.com) jordan 11 low georgetown (http://www.glassimpressions.com) jordan 11 low bred (http://www.thedamonco.com) low bred 11s (http://www.thedamonco.com) jordan 13 low hornets (http://www.southwestveteranschamber.com/advertising) jordan 11...

Belajar di ITP itu Asyik!

Tidak hanya di ruang kelas, aktivitas akademik mahasiswa ITP juga meliputi praktek dan kunjungan lapangan. Pengembangan non-akademik pun terbuka lebar melalui organisasi yang dinamis dan unit kegiatan mahasiswa yang kreatif.    

Prodi ITP Memperluas Jejaring Kerjasama

Sebagai institusi pendidikan, Prodi ITP tidak bisa terlepas dari berbagai pihak pemangku kepentingan. Beberapa lembaga pendidikan, asosiasi, serta pelaku usaha industri telah menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Bakrie.

Mengapa Kuliah di Ilmu dan Teknologi Pangan?

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia. Maka usaha penyediaan pangan akan terus berlangsung seiring perjalanan hidup manusia. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan hadir untuk mencetak sumberdaya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan manusia dalam mengakses pangan yang aman dan sehat.    

Apa yang dipelajari di ITP?

Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan sains terapan dan bidang ilmu inter-disiplin yang terkonsentrasi pada komoditas pangan. Empat fondasi pokok terdiri dari kimia pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, biokimia pangan dan gizi, serta rekayasa dan pengolahan pangan, serta diperkaya dengan pengetahuan komunikasi, manajemen, dan bisnis.    

01234

Berita ITP

  • Penggunaan Bahan Tambahan Pangan: Kenali dengan Baik Manfaatnya


    Perkembangan ilmu dan teknologi pangan mengalami kemajuan yang pesat dewasa ini. Salah satu inovasi yang banyak diaplikasikan pada pangan olahan adalah penggunaan bahan tambahan pangan (BTP). Penggunaan BTP harus sesuai dengan peruntukannya dan memberikan fungsi tertentu bagi pangan. Penggunaan BTP yang dilakukan secara bijak, dapat memberikan manfaat yang baik untuk peningkatan mutu produk pangan.
    Read more...

Workshop dan Kuliah Umum

  • Seminar Nasional Pangan Fungsional & Kick Off P3FNI
    Seminar Nasional Pangan Fungsional & Kick off  
    Perhimpunan Penggiat Pangan Fungsional dan Nutrasetikal Indonesia (P3FNI)
     
    Tema :
    Tantangan Makanan Tradisional sebagai Pangan Fungsional dan Nutrasetikal
     
    Yogyakarta, 12 Desember 2015
     

    Latar Belakang

    Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia semakin meningkat pertumbuhannya. Laporan dari The World Bank menunjukkan bahwa pada tahun 1995 angka prevalensi Penyakit Menular (PM) lebih tinggi dibandingkan PTM, namun pada tahun 2001 dan selanjutnya, angka prevalensi PTM jauh melampaui jumlah prevalensi PM. Sedangkan berdasarkan data Riskesdas (2013), telah terjadi peningkatan prevalensi beberapa penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, kanker, stroke, obesitas, dll. WHO memperkirakan PTM menyebabkan 56 % dari semua kematian dan 44 % dari beban penyakit dalam negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Tingginya kasus PTM sangat berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat, menurunnya produktivitas, meningkatnya biaya perawatan kesehatan, sehingga mengakibatkan turunnya pertumbuhan ekonomi, menurunnya daya saing dan sebagainya. PTM ini sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup seperti pola makan yang buruk yaitu makanan tinggi energi dan lemak, namun kurang serat serta pola hidup yang buruk misalnya kurang olahraga dan kurangnya istirahat. 
    Read more...

Artikel Pangan

  • Low Fat Bakery Product
    Written on Monday, 23 November 2015 in Artikel Pangan Read 595 times


    Semakin mengertinya konsumen akan asupan gizi, pemilihan makanan pun menjadi lebih diperhatikan. Contohnya saja untuk asupan kalori terutama dari lemak. Lemak menyumbangkan kalori tertinggi dengan 9 kkal per gram lemak. Lemak ini pun dibedakan menjadi lemak yang jenuh dan tak jenuh. Dianjurkan asupan lemak dalam sehari adalah sekitar 30% dari diet di mana 2/3-nya diutamakan jenis lemak dengan asam lemak penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh baik tunggal maupun jamak. Banyak juga berbagai penelitian yang mengkaitkan korelasi positif antara asupan lemak jenuh dengan berbagai penyakit kardiovaskular. Namun tentu saja tidak sama pengaruhnya bagi setiap orang karena pola makan dan pola hidup yang berbeda.

    Read more...

Dari Mahasiswa

  • Perjalanan ke Jepang (Sakura Exchange Program in Science, Prodi ITP, Unversitas Bakrie) Bagian (1)


    Dokumentasi perjalanan ini akan dibuat sebagai sisi lain dari perjalanan rombongan Prodi ITP dalam rangka Sakura Exchange Program in Science yang dilakukan di Tohoku University, Sendai Jepang dari tanggal 8-15 November 2015. Laporan pandangan mata lainnya sudah dipublikasikan di web UB (http://www.bakrie.ac.id/en/news/110-why-universitas-bakrie/667-sakura-exchange-program-in-science-sakura-science-program-prodi-itp-universitas-bakrie-tohoku-university). 

    Cerita berseri dari perjalanan ini dibagi menjadi beberapa post berdasakan tema, countersy to Riska Fitriawati; telah berbagi tulisan ini (https://riskafitriawati.wordpress.com/). Riska adalah salah satu peserta romboangan Prodi ITP dalam Sakura Exchange Program in Science.
     
    Read more...

by SAFE Network

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan