Belajar di ITP itu Asyik!

Tidak hanya di ruang kelas, aktivitas akademik mahasiswa ITP juga meliputi praktek dan kunjungan lapangan. Pengembangan non-akademik pun terbuka lebar melalui organisasi yang dinamis dan unit kegiatan mahasiswa yang kreatif.    

Mengapa Kuliah di Ilmu dan Teknologi Pangan?

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia. Maka usaha penyediaan pangan akan terus berlangsung seiring perjalanan hidup manusia. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan hadir untuk mencetak sumberdaya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan manusia dalam mengakses pangan yang aman dan sehat.    

Apa yang dipelajari di ITP?

Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan sains terapan dan bidang ilmu inter-disiplin yang terkonsentrasi pada komoditas pangan. Empat fondasi pokok terdiri dari kimia pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, biokimia pangan dan gizi, serta rekayasa dan pengolahan pangan, serta diperkaya dengan pengetahuan komunikasi, manajemen, dan bisnis.    

Peluang Karir Cerah di Bidang Pangan

Lulusan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan berpeluang berkarir di bidang industri pangan nasional dan multi-nasional. Dan masih banyak bidang lain yang terkait seperti usaha retail, catering dan restoran, logistik, lembaga penelitian, dan lembaga pemerintahan. Kenali ITP lebih dekat.

01234

Berita ITP

  • Mahasiswa ITP Beri Penyuluhan Pangan yang Aman kepada Pelajar SMAN 1 Jakarta



    Sejumlah mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (Prodi ITP) Universitas Bakrie, melalui organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (HMITP), menggelar kegiatan penyuluhan keamanan pangan di hadapan pelajar SMAN 1 Jakarta pada pertengahan Februari lalu. Kegiatan ini mengambil tema "Food Safety: Menuju Pangan Aman, Bermutu, dan Bergizi." Berikut ini pemaparan Enie Citra Dewi, Ketua HMITP, mengenai kegiatan penyuluhan tersebut:

    Read more...

Testimoni Mahasiswa

  • Kecintaan pada Durian Berbuah Magang di UMKM Sop Durian

    Siapa yang tidak kenal durian? Hampir semua orang pasti mengenal buah eksotis asli Indonesia ini. Rasanya yang unik membuatnya menjadi primadona diantara buah-buahan lokal lainnya. Begitu banyak orang yang suka dan tidak kuasa menolak ketika ditawari buah ini, termasuk kami. Begitulah, ketika ada peluang magang di salah satu tempat produksi produk durian, kami langsung menyabetnya. Iyalah, ini namanya ketiban durian runtuh, sambil magang sambil makan durian. Loh?

    Read more...
  • Magang di Usaha Minuman Herbal: Praktis Minumnya, Kerja Keras untuk Membuatnya

    Tren zaman sekarang adalah back to nature. Segala hal yang alami umumnya dinilai lebih baik dan lebih aman untuk dikonsumsi. Dalam menjawab kebutuhan tersebut, negeri kita Indonesia sangat kaya akan sumber alam. Ramuan herbal merupakan hasil dari kekayaan hayati yang diwariskan secara turun-temurun sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut menjadi motivasi kita untuk mencari tempat magang melakukan aktivitas pembuatan minuman herbal yang lebih praktis, enak dan bisa diterima semua kalangan. Kami mendapat kesempatan magang di CV. Enam Putri yang berlokasi di daerah Karet, Jakarta Pusat.
    Read more...

Artikel Pangan

  • Bahan Tambahan Pangan: Antara Manfaat dan Akibat
    Written on Tuesday, 31 March 2015 in Artikel Pangan Read 474 times


    Perkembangan teknologi secara keseluruhan mengalami kemajuan yang cukup pesat, termasuk di bidang teknologi pangan.  Permintaan dan penyediaan pangan dalam kemasan menjadi dua hal yang meningkat secara bersinergi.  Sehingga kebutuhan akan peningkatan mutu produk-produk pangan yang diproduksi menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh produsen pangan, terutama pangan olahan dalam kemasan yang menginginkan produknya dengan kriteria mutu tertentu.  Misalnya untuk kebutuhan peningkatan keawetan dibutuhkan pengawet, pengurangan penggunaan gula dibutuhkan pemanis, menjaga kestabilan dibutuhkan penstabil, dan lainnya.  Pengawet, pemanis dan penstabil tersebut termasuk pada Bahan Tambahan Pangan (BTP).
    Read more...

Workshop dan Kuliah Umum

  • A Coffee Lifestyle: Menikmati Kopi Khas Indonesia yang Mendunia

     

    Rabu, 17 Desember 2014. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Universitas Bakrie kembali menyelenggarakan Guest Lecture (Kuliah Tamu) di Ruang 1-2 Kampus Universitas Bakrie yang berlangsung pada pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Tidak hanya mahasiswa Prodi ITP, antusiasme peserta datang dari mahasiswa prodi lain dan beberapa peserta yang berasal dari luar kampus yang turut hadir pada kuliah umum ini.

    Read more...

by SAFE Network

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan

PARTNER KOLABORASI